Sunday 9 December 2012

Terungkap, Alasan Pria Salah Gunakan Kondom

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1935619/terungkap-alasan-pria-salah-gunakan-kondom
Oleh: Dahlia Krisnamurti

Headline


INILAH.COM, Jakarta - Kondom merupakan alat kontrasepsi yang tidak hanya dapat mencegah kehamilan, tetapi juga bisa membuat pasangan suami istri terhindar dari beragam penyakit menular.
Meski terlihat mudah dan sepele, ternyata tidak semua pria dan wanita selalu dapat memakai kondom dengan benar saat berhubungan intim. Padahal, jika digunakan dengan benar, kondom dapat mencegah kemungkinan kehamilan sampai 98 persen dan mencegah penyakit menular seksual.
Para peneliti dari Indiana University Amerika Serikat belum lama ini melakukan kajian terhadap 50 studi tentang penggunaan kondom dalam kurun waktu 16 tahun terakhir. Hasil riset tersebut menemukan sejumlah daftar kesalahan yang sering dilakukan pasangan saat menggunakan kondom. Nah, berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan pria saat menggunakan kondom.
Telat pakai kondom
Banyak pria yang telat menggunakan kondom. Ada sekitar 17 sampai lebih dari 50% memasang kondomnya beberapa waktu setelah berhubungan seks atau bahkan ketika merekaakan ejakulasi dan mencapai puncaknya.
Pemakaian kondom yang baik tentu saat mulai berhubungan seks karena ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit. Kondom juga memberi pelumas pada vagina agar hubungan seks lebih nikmat dan lancar.
Tak ada ruang gerak pada air mani
Ada lebih dari 45% orang salah menggunakan kondomnya karena mereka tidak memberi ruangan pada air mani. Ini akan membuat air mani berada diposisi yang tidak tepat. Anda sebaiknya tidak memasang kondom secara terlalu ketat agar memberikan udara dan tempat untuk air mani Anda.
Tak langsung memakai
Kesalahan lainnya adalah ketika pria sudah membuka kemasan kondom dan tidak langsung memakainya. Kualitas kondom akan menurun jika kondom tidak langsung digunakan.
Salah penyimpanan
Kondom tidak boleh disimpan di dompet, di saku belakang atau di tempat panas karena bisa menyebabkan kebocoran atau kerusakan. Tapi 3,3 hingga 19,1 persen orang dalam studi menyimpan kondom di luar tempat yang direkomendasikan pada kemasan.
Sering enggan pakai kondom
Ini adalah kesalahan pria yang fatal ketika mereka melepaskan kondomnya saat masih berhubungan seks. Banyak pria beralasan jika rasa ketika tidak memakai kondom jauh lebih nikmat.
Kurang teliti saat pembelian
Sebagian besar pria yang menggunakan kondom tidak teliti terhadap kondom yang mereka beli. Mereka akan membeli kondom yang paling murah dengan kualitas yang rendah juga.
Tak sadar pengamannya sobek
Banyak pria yang menggunakan kondom sobek dan bocor dan mereka tidak tahu bahwa kondom mereka rusak. Ini juga membuat pria melakukan hal fatal terlebih ketika mengeluarkan air mani di lubang Miss V.
Tak menggunakan pelumas
Antara 16 persen dan 25,8 persen orang melaporkan telah menggunakan kondom tanpa pelumas. Mengapa ini bisa menjadi masalah? Karena, jika Anda berhubungan seks untuk jangka waktu lama, kondom tersebut lebih mungkin untuk robek jika tidak memakai pelumas.
Komplikasi pelumas
Sekitar 3,2 persen wanita dan 4,7 persen pria dilaporkan menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom lateks. Pelumas dengan bahan dasar tersebut justru akan melemahkan lateks, yang dapat membuat kondom rentan terhadap kerusakan. [mdr]

No comments: